Apa Saja yang Merupakan Aset Rumah Tangga?

Aset Rumah Tangga

Apa Saja yang Merupakan Aset Rumah Tangga?

Jika Anda harus menulis surat wasiat, membayar asuransi untuk pemilik rumah atau menangani pembobolan atau kebakaran yang merusak rumah Anda, Anda mungkin perlu membuat daftar aset rumah tangga Anda. Daftar aset rumah tangga memungkinkan Anda tidak hanya menilai nilai barang yang Anda miliki (‘harta’ Anda), tetapi juga membantu Anda merencanakan cara terbaik untuk melindunginya.

Baca Juga: 9 Tips Desainer untuk Ruang Tamu yang Keren

Aset Kas dan Ekuitas

Aset rumah tangga yang paling tersedia, atau ‘likuid’ adalah aset tunai dan ekuitasnya. Aset-aset ini termasuk uang tunai yang Anda miliki di rumah tangga, ditambah rekening bank, rekening pensiun, sertifikat deposito, dan obligasi tabungan atau obligasi lain yang Anda miliki. Aset ekuitas juga termasuk nilai tunai dari asuransi jiwa yang Anda miliki.

Aset Investasi

Aset investasi termasuk instrumen keuangan atau sertifikat yang dimiliki sebagai bentuk investasi, seperti saham yang diperdagangkan secara publik; kumpulan dana investasi, seperti reksadana atau klub investasi; tunjangan hidup pribadi; dan kepercayaan keluarga. Nilai aset ini umumnya bervariasi, karena nilai saham individu atau investasi lainnya berfluktuasi dengan pasar.

Aset Real Estate

Aset real estate rumah tangga meliputi tempat tinggal utama Anda. Aset real estate juga termasuk ekuitas yang Anda miliki di real estate lain, seperti sewa atau properti komersial. Nilai aset ini didasarkan pada ekuitas Anda di dalamnya daripada harga pasar penuh.

Kendaraan

Aset kendaraan Anda termasuk mobil atau truk, kapal, rumah motor atau sepeda motor. Rumah yang dapat dimobilisasi juga dilisensikan sebagai kendaraan daripada real estate. Nilai aset kendaraan Anda didasarkan pada nilai pasar mereka saat ini, yang umumnya menurun seiring waktu.

Aset Berwujud Lainnya

Aset rumah tangga berwujud lainnya yang disebut sebagai barang real estate atau barang berharga adalah perhiasan, karya seni, logam mulia, barang antik, atau koleksi koin atau perangko yang berharga. Semua item ini dipertimbangkan dalam mengevaluasi aset Anda untuk keperluan asuransi. Meskipun umumnya bernilai kecil, barang berharga dari rumah tangga biasa juga merupakan aset rumah tangga nyata.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Mendonasikan Peralatan Rumah Tangga

Aset Tak Berwujud Lainnya

Anda juga dapat memiliki aset tidak berwujud lainnya, seperti ekuitas Anda di bisnis swasta, kontrak berharga, hak atas mineral, sewa minyak dan gas bumi atau hutang tak terbayar yang menjadi kewajiban Anda.