9 Tips Desainer untuk Ruang Tamu yang Keren

Ruang Tamu yang Keren

9 Tips Desainer untuk Ruang Tamu yang Keren

Ingin menjadikan ruang tamu yang keren di tahun baru ini? Ruang tamu melayani tujuan yang berbeda untuk orang yang berbeda. Di beberapa rumah, mereka berfungsi sebagai area pertemuan utama untuk keluarga, sementara di rumah lain mereka lebih merupakan ruang pamer, hanya digunakan ketika perusahaan datang. Either way, ada masalah tertentu yang selalu muncul ketika mencoba mengatur furnitur ruang tamu. Lihatlah tips-tips untuk menempatkan furnitur di ruang tamu Anda.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Mendonasikan Peralatan Rumah Tangga

Dasar Ruang Tamu

Ada beberapa hal penting yang perlu diingat ketika mengatur furnitur ruang tamu:

Tetapkan titik fokus ruangan dan atur furnitur di sekitarnya. Di beberapa kamar, titik fokus akan menjadi fitur yang ada seperti perapian atau jendela, dan di beberapa kamar, itu akan menjadi sesuatu yang Anda bawa ke ruangan seperti televisi. Gunakan furnitur untuk membuat area percakapan. Orang-orang harus dapat berbicara satu sama lain dengan nyaman tanpa melelahkan leher atau berteriak. Jika ruangannya sangat luas, Anda mungkin ingin membuat beberapa area percakapan yang berbeda.

Jangan lupa tentang arus lalu lintas. Sisakan ruang yang cukup bagi orang untuk berjalan di sekitar furnitur sehingga mereka dapat dengan mudah berpindah dari satu sisi ruangan ke sisi lainnya. Tarik furnitur dari dinding.

Memiliki semua bagian belakang furnitur yang menyentuh dinding adalah salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang di ruang tamu. Menempatkan potongan-potongan lebih dekat bersama-sama, akan menciptakan pengaturan yang lebih intim. Selama bagian belakang potongan selesai, tidak ada alasan untuk tidak memamerkannya.

Ukuran dan Penempatan Furniture

Ketika datang ke furnitur ruang tamu, ukuran penting. Sofa dan Kursi – Ini sering kali merupakan barang tiket besar, jadi penting agar sesuai dengan ruang. Yang paling penting untuk dilakukan adalah mengukur ruang sebelum membeli semua bagian ini. Anda tidak ingin mereka terlalu besar atau terlalu kecil, jadi sebaiknya Anda membuat denah lantai sebelumnya.

Baca Juga: Apa Saja yang Merupakan Aset Rumah Tangga?

Buat sketsa ruangan di selembar kertas grafik menggunakan semua pengukuran yang sesuai. Coba letakkan sofa dan kursi di beberapa tempat berbeda dan lihat apa yang paling baik secara visual dan dalam hal meninggalkan ruang untuk mengakomodasi arus lalu lintas.

Karpet – Menggunakan karpet adalah cara yang bagus untuk mendefinisikan area tempat duduk, tetapi kesalahan nomor satu yang dilakukan orang di ruang tamu adalah menggunakan karpet yang terlalu kecil. Ingat bahwa semua perabotan harus dapat dengan nyaman duduk di atas karpet. Jika ruang tidak memungkinkan, pastikan bahwa setidaknya kaki depan dari setiap potongan kain besar ada di karpet.

Meja Kopi – Meja kopi adalah barang praktis yang sering ditemukan di tengah area percakapan. Jika Anda memilih untuk menggunakan, orang ingat bahwa ketinggiannya harus sedikit lebih rendah dari ketinggian kursi sofa dan kursi di sekitarnya. Panjang meja juga harus sekitar setengah hingga dua pertiga panjang sofa.

Jika Anda tidak ingin menggunakan meja kopi, Anda dapat mencoba menggunakan beberapa meja atau bangku kecil untuk mendapatkan tampilan yang sama. Pastikan mereka tidak terlalu kecil. Orang yang duduk di sekitar mereka harus bisa membungkuk untuk meletakkan atau mengambil minuman tanpa harus bangun dari tempat duduk mereka. Pada saat yang sama, pastikan untuk meninggalkan ruang kaki yang cukup antara kursi dan meja: 14 hingga 18 inci harus melakukan trik.

Meja Samping – Tabel samping cenderung menjadi renungan, tetapi penting. Jumlah yang Anda butuhkan akan tergantung pada seberapa banyak tempat duduk yang Anda miliki. Setiap orang harus dapat dengan nyaman meletakkan minuman tanpa harus bangun dan berjalan ke meja. Usahakan memiliki satu di kedua sisi sofa, dan di antara sepasang kursi. Kuncinya adalah memiliki ruang permukaan yang cukup tanpa memadati ruangan. Meja harus kira-kira sama tingginya dengan lengan kursi atau sofa yang ada di sebelahnya.

Aksesori Ruang Tamu

Setelah furnitur terpasang, penting untuk memikirkan dimana harus meletakkan aksesori. Tidak diragukan lagi Anda akan memiliki beberapa perawatan jendela dan karya seni, dan mungkin sebuah televisi dan beberapa sconce. Berikan juga pemikiran untuk menempatkan aksesori ruang tamu seperti halnya Anda melakukan furnitur.

Jika Anda tidak yakin tentang apa yang akan berhasil coba gunakan perencana ruang online untuk membuat pengaturan. Uji beberapa penampilan berbeda dan lihat apa yang terlihat terbaik dan apa yang cocok untuk gaya hidup Anda. Jika Anda tidak terlalu paham komputer, Anda bisa membuat denah ruang tamu menggunakan kertas grafik. Pastikan untuk menggunakan semua pengukuran yang sesuai, sehingga Anda tidak menghadapi kejutan yang tidak diinginkan ketika Anda menempatkan furnitur di dalam ruangan.